Numeracy Journal has moved to a new address at ejournal.bbg.ac.id/numeracy

EKSPLORASI ASPEK-ASPEK PEMAHAMAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN TRIGONOMETRI

Usman Usman, RM Bambang S RM Bambang S, M. Hasbi M. Hasbi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek pemahaman siswa SMA dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 16 Banda Aceh yang berjumlah 21 orang. Data penelitian ini bersumber dari jawaban dan penjelasan subjek melalui wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan data, menarik kesimpulan.  Dari hasil analisis disimpulkan aspek-aspek pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri adalah aspek pemahaman dalam memahami soal, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan soal, dan mengecek hasil yang telah dikerjakan.

Kata Kunci: Aspek Pemahaman, Menyelesaikan Soal, Perbandingan Trigonometri


Full Text:

PDF

References


Abdulkadir. 2013. A Conceptual Analysisi of the Knowledge of Prosperctive Mathematics Taecher about Degree and Radian. Word journal of education. Vol.3, Nol.4. pp. 1-9.

Keth Witer, 2005. Students’ Understanding of Trigonometric Function. Mathematics Educatioan Research Journal. Vol. 17. No 2. pp.90 – 112.

Sinaga, B, dkk. 2013. Matematika Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer untuk Mahasiswa, Guru, dan Calon Guru bidang studi Matematika. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Thomson, P. W. 2008. Conceptual Analysis of Mathematics idea: Some Spadework at the Foundations of Mathematic Educational. In Proceding of the Annual Meeting of the Internasional Group for the Psychology of Mathematics Education. pp.45- 64.

Tim. 2013. Kurikulum Matematika SMA 2013. Jakarta: Depdikbud

Uno, B. H. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, dkk. 2015. Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Ketaksamaan Nilai Mutlak. Jurnal “ Peluang” Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah. Vol. 2, No 2. ISSN.2302-5158.pp.13-23.

Valerie, M and Scott, C. 2016. Developing Meaning in Trigonometri. Published online by lllinois Mathematics Teacher on Februasi 29.


Article Metrics

Abstract views: 251   PDF views: 250