Numeracy Journal has moved to a new address at ejournal.bbg.ac.id/numeracy

ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA: Studi kualitatif pada Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Getsempena Kota Banda Aceh, Aceh

Nurul Fajri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  dan  menganalisa  Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika: Studi Kualitatif pada Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Getsempena Kota Banda Aceh, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes (koneksi dan komunikasi), studi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah: 1) tingkat kemampuan koneksi matematis mahasiswa pendidikan matematika masih tergolong rendah; 2) tingkat kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pendidikan matematika masih tergolong rendah; 3) kesulitan masalah koneksi matematis yang dihadapi mahasiswa pendidikan matematika umumnya adalah kesulitan  dalam menyelesaikan soal koneksi yang berhubunngan dengan kehidupan sehari-hari dan disiplin ilmu lainnya; 4) kesulitan masalah komunikasi matematis yang dihadapi mahasiswa pendidikan matematika umumnya adalah mahasiswa menuliskan kembali informasi soal dan kebingungan dalam mengubah bahasa soal sehari-hari ke dalam bahasa matematika, membuat konjektur atau argumen matematika dan mengubah situasi matematika secara tertulis dengan gambar

Kata Kunci: Kemampuan Koneksi, Kemampuan Komunikasi


Full Text:

PDF

References


Afgani D, Jarnawi. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Alisah, EvawatidanEko P. Dharmawan. (2007). Filsasafat Dunia Matematika Pengantar untuk Memahami Konsep-Konsep Matematika. Jakarta:Prestasi Pustaka

Banihashemi, S.S.A.(2003). Connection of Old and New Mathematics on Works of Islamic Mathematician with a Look to Role of History of Mathematics on Education of Mathematics. [Online]. Informing Science.

Tersedia:http://proceedings.informingscience.org/IS2003Proceedings/docs/009Banih.pdf. Di akses pada tanggal 18 november 2012

Fachrurazi.(2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. ISSN 1412-565X. Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011. Diakses pada tanggal 11 Desember 2013, dari:

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&ved=0CDoQFjAC&url=http%3A%2F%2Fjurnal.upi.Edu%2Ffile%2F8-Fachrurazi.Pdf&ei=0HGqUpP5N83jlAXPzIHICg&usg= AFQjCNF0zElKScq-aYy3WDKQGiBa6AiH7Q&sig2=WOCllyINu2-zPAuCDWJmqA&bvm=bv.57967247,d.dGI

Hariwijaya. (2009). Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta: Tugupublisher

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standarts for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Pasaribu, Feri Tiona. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Tesis. Tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Ruspiani.(2000). Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Koneksi Matematika. Tesis Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia, tidak diterbitkan, Bandung PPs UPI.

Sanjaya, Wina. (2013). Penenlitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sumarmo, U. (2012). Pengukuran dan Evaluasi dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tidak diterbitkan.

Yuniawatika. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi React Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi Eksperimen di Kelas V Sekolah Dasar Kota Cimahi). ISSN 1412-565X. Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011. Diakses pada tanggal 11 Desember 2013, dari http://jurnal.upi.edu/file/10-Yuniawatika-edit.pdf


Article Metrics

Abstract views: 471   PDF views: 354