ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

Faisal Faisal, Leny Maryulianty

Abstract


Abstrak

Dalam pembelajaran, siswa memiliki tingkat kemampuan yang berbeda dalam menyelesaikan soal matematika. Salah satu cara untuk mengetahui danmengklasifikasikan tingkat kemampuan siswa adalah dengan taksonomi SOLO. Taksonomi SOLO adalah cara untuk mengetahui kemampuan siswa dengan melihat kualitas respon siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Taksonomi ini terdiri dari lima tingkatan dari tingkatan yang rendah hingga ke tingkatan yang lebih tinggi yaitu tingkat prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan extended abstract. Arikel ini merupakan hasil sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan taksonomi SOLO pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah 3 siswa yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda dari kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kejuruan Muda. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan taksonomi SOLO di kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kejuruan Muda memiliki tingkatan yang berbeda diantaranya, untuk subjek tingkat kemampuan tinggi telah mencapai tingkatan tertinggi atau level extended abstract, untuk subjek yang memiliki tingkat kemampuan sedang berada pada tingkatan atau level multistruktural, untuk subjek yang memiliki tingkat kemampuan rendah berada pada tingkatan atau level unistruktural.

Kata Kunci: Tingkat Kemampuan Siswa, Soal Cerita Sistem Persamaan Linear, Taksonomi SOLO

 

Abstract

In learning, students have different levels of ability to solve math problems. One way to find out and classify a student's level of ability is with the taxonomy of SOLO. SOLO Taxonomy is a way to find out students' abilities by looking at the quality of student responses in solving math problems. This taxonomy consists of five levels from a low level to a higher level, namely the level of structural, unstructural, multistructural, relational, and extended abstract. This article is the result of a study that aims to determine the level of students' ability to solve story problems based on SOLO taxonomy on material systems of three-variable linear equations. This type of research is descriptive with a qualitative approach. The subjects of this study were 3 students who had different levels of ability from class X MIA 1 of Vocational High School 2 Senior High School. Data collection methods used are test and interview methods. The results showed that in general the level of students' ability to solve the story problems system of three variable linear equations based on SOLO taxonomy in class X MIA 1 Vocational High School 2 has a different level, for subjects with high ability levels have reached the highest level or extended abstract , for subjects who have a level of ability being at a multistructural level or level, for subjects who have a low level of ability are at the structural level or unistructural level.

Keywords: Student Ability, Story Problem in Linear Equation System, SOLO Taxonomy

Full Text:

PDF

References


Azid Fitriyah (2014) . Analisis Kemampuan Sdiswa Menyelesaikan Soal Berdasarkan Taksonomi SOLO Pada Materi Lingkaran Kelas VIII A MTs. Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak Tahun Ajaran 2013/2014. Semarang: IAIN Walisongo Semarang.

Supriyoko. 2007. Memajukan Matematika Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

John Biggs dan chaterine Thang (2003), “Teaching for Quality Learning at University”, www.ntu.edu.vn/.../teaching%20for%20quality%...taching. Diakses 25 November 2013.


Article Metrics

Abstract views: 42   PDF views: 44