PROFIL VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL MATEMATIKA UJIAN AKHIR SEMESTER KELAS VIII SMP DI BANDA ACEH

Intan Kemala Sari, Nurul Fajri, Sri Mulyani

Abstract


Abstrak

Evaluasi pembelajaran herupakan hal yang mutlak dilakukan setelah proses pembelajaran telah diselesaikan. Hal ini dilakukan untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar, merencanakan tindak lanjut, dan melakukan perbaikan. Namun apa jadinya jika instrument evaluasi tidak dapat mengukur keberhasilan proses yang telah dijalankan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil validitas dan reliabilitas butir soal tes ujian semester pelajaran matematika yang digunakan guru untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajarnya. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis butir soal ujian matematika siswa yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Hasil analisis menunjukkan bahwa 40% soal pilihan ganda valid namun tidak satu pun soal yang reliable. Tingkat validitas pun termasuk dalam kategori sedang dan rendah. Sedangkan satu dari lima soal uraian tidak valid namun selebihnya memenuhi syarat valid dan reliable dengan kategori sangat tinggi. Diketahui guru sering mengulang pemberian soal yang sama dari tahun ke tahun. Namun dengan adanya uji validitas dan reliabilitas ini diharapkan guru dapat melakukan revisi yang relevan terhadap soal yang tidak valid dan reliable, serta memasukkan soal yang valid dan reliabel menjadi bank soal pribadi guru dan dapat menjadi masukan jika dibutuhkan soal tes yang memadai.

Kata Kunci: validitas, reliabilitas, butir soal

 

Abstract

Evaluation of learning is activity that is done after the learning process is completed. This activity have to do to measure the success of the teaching and learning process in the class, follow-up, and make improvements to the next learning activity. But what happens if the evaluation instrument cannot measure the success of the process that has been carried out? This study aims to study how the profile of validity and reliability of semester exam questions in mathematics is used by the teachers to measure the learning process of teaching and learning. This research was conducted by analyzing mathematical questions consisting of 40 multiple choice questions and 5 description questions. The results of the analysis show that 40% of multiple choice questions are valid but not same condition with reliability score. The level of validity is included in the medium and low category. While one of the five description questions is invalid but the rest fulfill valid and reliable requirements with very high categories. It is known that teachers often repeat the same questions year after year. However, by asking questions about validity and reliability, it is expected that the teacher can make relevant revisions to invalid and reliable questions, and ask valid and reliable questions to become the teacher's personal question bank and can be a necessary problem.

Keywords: validity, reliability, exam questions

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2011. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip Teknik Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2013b. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2011a. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi, Cetakan kesebelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, I. K., Nasriadi, A., & Salmina, M. (2018, September). Students’ understanding of charts: the study of PISA’s problem-solving in the content of data. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1088, No. 1, p. 012108). IOP Publishing.

Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Surapranata, S. 2009. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Tes, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Yunanda, Martha. 2009. Evaluasi Dalam Islam. Http//id.shvoong.com/social-sciences/education/1956775-evaluasi-dalam-islam/. Diakses pada 01 maret 2010


Article Metrics

Abstract views: 31   PDF views: 66