STUDENTS’ ANXIETY TOWARDS MATHEMATICS

Khairatul Ulya, Nurlaila Fazraini, Dahliana Lubis

Abstract


Abstrak

Artikel ini merupakan review literatur tentang kecemasan matematika pada siswa serta pengaruhnya terhadap kehidupan yang meliputi beberapa gejala, yaitu rasa takut, gelisah, panik, kurang percaya diri, tidak merasa nyaman. Hasil analisis review literature menunjukka bahwa terdapat beberapa komponen penyebab terganggu fisiologis  siswa yang mengalami kecemasan serta delapan solusi untuk mengatasi kecemasan matematika yaitu memberikan pemahaman secara rasional, menanamkan rasa kepercayaan diri,  menghilangkan anggapan negatif terhadap matematika, pembelajaran dilakukan dengan berbagai macam metode, mengutamakan konsep, jadikan pembelajaran menyenangkan, menyisipkan matematika pada pembicaraan sehari-hari, dan menanamkan rasa tanggung jawab pada siswa siswa itu sendiri. Lebih lanjut kecemasan kecemasan matematika dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu ketakutan terhadap pelajaran matematika. Akibatnya, hal tersebut tentu akan mengganggu proses belajar mengajar serta konsentrasi siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Kecemasan Siswa, Matematika, Hasil Belajar

 

Abstract

This article is a liteature review focuses on students mathematical anxiety and its influence on students’ daily lives includin fear, anxiety, panic, lack of confidence, uncomfortable situation. Review analysis result showed that there are some physiological components that disturbing  students anxiety and there are eight solutions to decrease mathematical anxiety, namely providing rational understanding, instilling a sense of self-confidence, eliminating negative assumptions about mathematics, learning is conducted by various methods, prioritizing concepts, making learning fun, inserting mathematics in everyday conversation, and instilling a sense of responsibility in students. Furthermore, mathematical anxiety can be influenced by many factors, one of which is fear of mathematics. As a result, this will certainly disrupt the teaching and learning process and the concentration of students that have an impact on student learning outcomes.                              

Keywords: Students’ Anxiety, Mathematics, Learning Outcome


Full Text:

PDF

References


Anditya, Rifin dan Budi Murtiyasa (2016). Factor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anita, Ika Wahyu (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Bandung.

Annisa, Dona Fitri dan Ifdil (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) Pada Lanjut Usia (Lansia). Padang.

Cavanagh, Rob and Len Sparrow (2010). Measuring Mathematics Anxiety: paper 1- Developing a Construct Model. Melbourne.

Disai, Wagetama. I, dkk (2017). Hubungan Antara ecemasan Matematika dan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA X Kota Palangka Raya. Bandung.

Hidayah, Nur dan Adi Atmoko (2014). Landasan Sosial Budaya dan Psikologis Pendidikan. Malang: Gunung Samudera.

Handayani, Shinta Dwi (2016). Pengaruh Konsep Diri Dan Kecemasan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika.

Mawaddah (2018). Upaya Mengatasi Kecemasan Belajar Matematika Siswa Melalui Teknik Relaksasi di SMP Negeri 12 Banda Aceh. Banda Aceh: FKIP UNSYIAH.

Priyani, Yudi. (2013). Skripsi Hubungan Antara Konsep Diri dan Kecemasan Menghadapi Pembelajaran Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika. Yogyakarta

Qausarina, Husnul (2016). Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiaety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh Skripsi . Banda Aceh.

Sriyanto, H.J (2017). Mengobarkan Api Matematika. Jawa Barat: Jejak Publisher.

Sugiatno, dkk.(2017). Tingkat Dan Faktor Kecemasan Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama . Pontianak

Syafitri, Fatrima Santri (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika: Semarang.

Wicaksono, Arif Budi dan M. Saufi (2013). Mengelola Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matemtika. Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract views: 27   PDF views: 8