PROSES BERPIKIR MATEMATIS MAHASISWA STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ESTIMASI

Ahmad Nasriadi, Intan Kemala Sari

Abstract


Abstrak

Masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari banyak kita jumpai yang berkaitan dengan estimasi. Pada masalah tersebut tidak meminta suatu jawaban eksak, tetapi suatu perkiraan yang disertai alasan logis. Pengetahuan estimasi dapat digunakan untuk mengontrol kebenaran suatu jawaban dan terjadinya miskonsepsi. Salah satu aspek penting yang harus diketahui untuk dapat melihat sejauh mana penguasaan kemampuan estimasi seseorang dengan baik adalah dengan melihat proses berpikir orang tersebut pada saat melakukan estimasi. Proses berpikir tersebut dapat dilihat dengan membuat seseorang berpikir kemudian diminta untuk menceritakan yang terjadi dalam pikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk  mendiskripsikan proses berpikir matematis mahasiswa STKIP Bina Bangsa Getsempena dalam memecahkan masalah estimasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah dua mahasiswa yang dipilih berdasarkan tes kemampuan matematika. Pengambilan data dilakukan melalui pemberian soal tes berupa tugas pemecahan masalah estimasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa proses berpikir matematis subjek termasuk kategori Asimilasi saat memahami masalah, dan masuk pada kategori proses berpikir matematis akomodasi saat merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali hasil pemecahan masalah.

Kata Kunci: proses berpikir matematis, kemampuan estimasi, pemecahan masalah estimasi.

 

Abstract

Mathematical problems in everyday life we find many that are related to estimates. The problem does not ask for an exact answer, but an estimate accompanied by logical reasons. Knowledge estimation can be used to control the truth of an answer and the occurrence of misconceptions. One important aspect that must be known to be able to see how well mastery of one's estimation ability is by looking at the person's thinking process when estimating. The thought process can be seen by making someone think then being asked to tell what happened in his mind. This study aims to describe the mathematical thinking process of students of STKIP Bina Getsempena Nation in solving estimation problems. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The research subjects were two students who were selected based on a math ability test. Data retrieval is done through the provision of test questions in the form of estimation problem solving tasks and interviews. Based on data analysis, it can be concluded that the subject's mathematical thinking process belongs to the Assimilation category when understanding the problem, and enters into the category of accommodation mathematical thinking processes when planning problem solving, implementing problem solving plans, and re-examining the results of problem.                              

 Keywords: mathematical thinking process, estimation ability, estimation problem solving

 


Full Text:

PDF

References


Doman Jr, Robert J. (2009). Estimation:How to Accelerate the Learning Process with Math and Build Visualization and Conceptual Skills Simultaneously. NACD - Journal – Math Estimation Volume 22 No. 3, 2009 ©NACD

Hergenhahn, B.R. & Olson, M.H. (2009).Theories of Learning (Edisi ketujuh).Jakarta: Kencana.

Payanti, Sutanti Dwi. (2018). Strategi Estimasi Berhitung dan Pengukuran Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Visual-Spasial. Skripsi, PMIPA Prodi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Rizal, Muh. (2011). Proses Berpikir Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Melakukan Estimasi Masalah Berhitung. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta 14 Mei 2011

Salma,Ummu & Amin, Siti Maghfirotun. (2014). Profil Kemampuan Estimasi Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (MATHEdunesa). Volume 3. No.1 Tahun 2014

Siswono, Tatag Yuli Eko & Rizal, Muh. (2012). Kemampuan Estimasi Guru Sekolah Dasar dalamOperasi Hitung. Forum Kependidikan, FKIP Universitas Sriwijaya, ISSN: 0215-9392 Volume 30 No 1, Juni 2012. Hal. 69-78

Sudarman. (2009). Proses Berpikir siswa climber dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Didaktita Vol 10, No 1, Hal 1 – 9.

Walle, John A. Vande. (2007). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Jilid 2. Penerjemah Suyono. Jakarta: Penerbit Erlangga

Widodo, Sri Adi. (2012). Proses Berpikir Mahasiswa dalam Menyelesaikan

Masalah Matematika Berdasarkan Dimensi Teacher. Prosiding Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema ”Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa" pada tanggal 10 November 2012 diJurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Wiryanto. (2013). Proses Berpikir Siswa Sekolah Dasar Dalam Estimasi Hitung Pecahan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro,Volume 02 Nomer 03 Tahun 2013, 973-980


Article Metrics

Abstract views: 19   PDF views: 26