PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTENGAN MATEMATIKA YANG DIPADUKAN DENGAN STRATEGI RQS

Midya Yuli Amreta

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bentengan matematika yang valid, praktis, dan efektif mata pelajaran matematika untukkelas IV Sekolah Dasar materi operasi hitung bilangan bulat yang meliputi perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan yang dikembangkan dan dibelajarkan melalui strategi RQS(Read-Question-Summary). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Four-D Model) hasil pengembangan diuji dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Postest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi media pembelajaran bentengan matematika oleh validator menunjukkan bahwa media pembelajaran bentengan matematika valid dan layak digunakan, (2) penerapan media pembelajaran bentengan matematika menunjang kegiatan pembelajaran, hal ini didasari oleh: (a) Keterlaksanaan RPP baik (rata-rata pada kelas IV-A dan VI-B adalah 3,64 dan 3,49) dengan skor maksimal adalah 4; (b) hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaranmampudiatasibaik oleh guru denganbeberapasolusi; (c) respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif (persentase rata-rata siswa yang tertarik dengan pembelajaran adalah 97%; (d) semua siswa tuntas hasil belajarnya secara individual maupun klasikal,semuasiswatuntassecaraindividudengan rata-rata kelas97,33 pada kelas IV-A dan 94,2 pada kelas V-B. Sedangkanketuntasanklasikalpada tuntasdenganpersentase 100%.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Bentengan Matematika, Strategi RQS (Read-Question-Summary), Hasil Belajar Kognitif

 

Abstract

This study aims to produce learning media with mathematics that are valid, practical, and effective mathematics subjects for grade IV elementary school material integer counting operations which include multiplication, division, addition, and subtraction developed and taught through the RQS strategy (Read-Question- Summary). This type of research is development research. The development model used is the 4-D (Four-D Model) model of development results tested by the One Group Pretest-Postest Design design. The results showed that: (1) the results of the validation of learning media with mathematics by the validator showed that the mathematics learning media were valid and feasible to use, (2) the application of learning media to mathematics supports learning activities, this was based on: (a) Implementation of good lesson plans (the average for grades IV-A and VI-B is 3.64 and 3.49) with a maximum score of 4; (b) barriers that occur in the learning process to overcome good by the teacher with several solutions; (c) students' response to learning is positive (the average percentage of students interested in learning is 97%; (d) all students complete their learning outcomes individually or classically, all students are in the same way as individuals with a class average of 97.33 in class IV-A and 94 , 2 in class VB, while the classical completeness is completed with a percentage of 100%.             

 

 Keywords: Learning Media with Mathematics, RQS Strategy (Read-Question-Summary), Cognitive Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Ibrahim, dkk. (2006). Media Pembelajaran. Malang : Laboratorium Teknologi Pendidikan.

Iskandar wassid. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mayer. (2009).Multimedia Learning: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Musfiqoh. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka Publiser.

Permendiknas, Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta: Permendiknas.

Sadiman. (2012). Sains : Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Beririentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Santri, Fatrima. (2016).Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru SD/MI . Yogyakarta : Matemaika.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Soedjadi, (2007). Masalah Kontekstual sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.

Sudjana Nana.(2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sundayana, Rosnita. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Syah, Muhibbin. (2014). Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract views: 42   PDF views: 19